Kebenaran.

Suatu hal yang dicari-cari oleh setiap orang, terutama filsuf.

Sebuah fakta.

Sesuatu yang mempunyai suatu probabilitas tinggi bahwa hal ini akan mengubah hidup seseorang.

Itu definisi-definisi “Truth” atau dalam bahasa Indonesia “Kebenaran” yang bisa saya simpulkan. Jika para pembaca blog saya ingin menambahkan, silakan saja, itu adalah suatu kebenaran yang dapat anda ungkapkan… Tetapi, yang saya maksudkan kebenaran di sini adalah fakta dari suatu hal, bukan kebenaran yang seperti lawan dari kejahatan….

Kebenaran. Seperti yang sudah saya katakan, hal ini memang dicari-cari oleh banyak orang. Dan untuk berbagai keperluan. Bisa untuk mencari jati diri. Bisa untuk mencari sebuah pembuktian. Banyak hal yang bisa diungkapkan dengan mencari kebenaran.

Namun, sesuai dengan judul dari post ini, kebenaran lebih sering terletak tersembunyi. Jarang sekali seseorang mengungkapkan kebenaran secara cuma-cuma, terkecuali orang itu sangat, SANGAT jujur sekali dan orang tersebut memihak pihak yang membutuhkan kebenaran tersebut. Itu pun sangat jarang sekali.

Mengapa seseorang menjaga agar kebenaran bersifat rahasia? Banyak alasan. Ada banyak alasan. Saya ambil contoh dari film “V For Vendetta”. Kebenaran di sini dijaga agar tetap menjadi rahasia, sehingga sang penguasa dapat tetap berkuasa di Inggris tanpa ada rakyat yang berani memprotes kebijakan-kebijakannya. Untung saja, ada seorang yang ingin mengungkap kebenaran ini dan membuka mata orang-orang Inggris mengenai hal ini. Itu hanya satu saja alasan kenapa kebenaran dirahasiakan. Masih ada banyak alasan lain kenapa kebenaran disembunyikan dari orang alin. itu baru satu contoh di mana alasannya merupakan untuk suatu hal yang jahat. Ada juga untuk membuat hidup seseorang menderita, dan sebagainya. Namun, ada juga alasan yang baik, seperti untuk membuat seseorang hidup lebih baik. Namun, alasan ini cukup jarang ditemukan. Ada juga yang beralasan untuk menyelamatkan hidup orang lain.

Yah, apapun alasannya, yang namanya kebenaran itu memang selalu diusahakan untuk disembunyikan…….