Gw baru aja plg abis les di EF… Pas tadi lagi ngebahas tentang bahasa…. Kebetulan, pas pertama buka bab, langsung ngebahas beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang asalnya dari beberapa bahasa…. Dan ternyata, banyak bgt, ga bisa dihitung…. Ada yang dari Anglo-Saxon, Persia, Latin, bahkan Prancis!! Ternyata, bahasa Inggris yang disebut sebagai bahasa internasional, punya banyak kata serapan!!!! Ckckckck…..

Sebenarnya sih oke-oke aja, suatu bahasa punya kata serapan dari bahasa lain.. Toh Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang serapannya udh bejibun….. Yah, palingan yang ngga punya serapan cuman beberapa… Dan biasanya itu bahasa yang susah diciptain… Contohnya Bahasa Prancis, Bahasa Cina, Bahasa India, Bahasa Yunani, dll….. Malahan biasanya bahasa itu yang kata-katanya banyak diserap sama bahasa lain… Bener ga???

Yah, katanya guru gw sih, bikin sebuah bahasa itu ngga gampang… Gw pikir2, bener juga… Orang yang mo bikin suatu bahasa baru harus mikirin lagi soal berbagai macam kata yang bisa memiliki arti macem2…. Dan yang pasti cuman bukan satu doang, harus ribuan, klo perlu tak terhingga! Phew…. Kalau gw udah depresi duluan tuh…. Blom lagi aturan pembentukan kalimatnya, morfologi kata2nya gimana, dll… pusing deh…. belum lagi pas nyusun kamus… Gw salut lho, ama orang2 yang mendedikasikan waktuya untuk ngebikin kamus, apalagi kamus yang tebel banget itu, misalnya kamus besar Bahasa Indonesia…. Kan cape bikinnya…

Anyway, di antara sekian banyaknya bahasa yang nyolong, ternyata ada juga bangsa yang berusaha supaya bahasanya tetep murni tanpa ada kata serapan…. contohnya: Prancis. Katanya sih mereka ngga suka ama bahasa Inggris. Tapigw ga tau juga sih, Guru gw yg bilang soalnya, gw ga nanya sendiri…. Tapi, ada juga yang menjaga keluhuran bahasanya… Misalnya bahasa Sansekerta…. Setau gw, bahasa itu ga ada serapannya, dan mungkin dijaga supaya tetap murni kali ya… Kan itu klo ngga salah bahasa yang udah dipakai dari zaman SM….

Yah, apapun alasannya, setiap bahasa itu berbeda-beda, terserah yang pake deh, mau diubah ato ngga…. Hehehe, gw sendiri bahasa nulisnya kacau brat……