Aaaah… Community. a.k.a. Komunitas.

Sesuatu yang selalu ada di dalam masyarakat. Bagi gw (ga tau deh menurut para psikologi dan sosiolog), tempat lainnya seseorang membentuk dirinya. Ada dalam bentuk apapun, baik dalam dunia maya, maupun dunia nyata.

Kalau orang ada dalam sebuah komunitas, pasti ada suatu kesamaan di antara mereka, yaitu apa yang menjadi ciri khas komunitas tersebut. Misalkan komunitas menjahit, biasanya yang menjadi anggota komunitas itu adalah orang-orang yang punya hobi menjahit, atau memang profesi mereka penjahit.

Di sekolah gw aja ada beberapa komunitas. Ada yang memang udah kentara banget, seperti komunitasnya temen gw. (gw berusaha menghindari kata ‘geng’ di sini) Mereka udah ketahuan banget, menjadi sebuah komunitas yang identik dengan ciri khas tertentu. Ada juga beberapa komunitas yang bisa dibilang cukup terselubung, dengan artian bahwa yang menggangap klo mereka itu komunitas adalah gw, hehehe…. Tapi, mereka udah cukup lumayan memenuhi syarat komunitas berdasarkan pengertian gw tentang apa itu yang namanya komunitas. Contohnya, komunitas gamer online, komunitas X, komunitas Y (gw pake identitas X dan Y berhubung gw ga sepenuhnya nangkep mereka itu cenderung demennya ngapain.), dll. Komunitas-komunitas ini, biasanya pas istirahat, meskipun puisah kelas, tetep nyatu pas pulang, istirahat, dll.

Gw juga merasa klo gw adalah anggota dari komunitas. ‘Komunitas’ gw, adalah Komunitas Onlen Homeworkers. Meskipun ga ada dokumen-dokumen hukum whatsoever, gw tetep nganggep ini adalah suatu komunitas.

Komunitas Onlen Homeworkers adalah sekumpulan orang-orang yang demen ngerjain PR bareng lewat MSN. Rame-rame lagi. Apalagi klo soal yang dibahas itu soal bimbel yang biasanya PG. Waaaah, bisa rusuh tuh conferencenya…… Saking ramenya room….. Asli loh, pas komunitas gw ini ngerjain soal, saling ngasi jawaban, trus ngasi pembelaan akan jawabannya. Klo misalnya udah sepakat semua akan jawaban ini, barulah pindah ke soal lain… Begitu seterusnya ampe selese…. Dengan cara ini, kami saling ngebantuin yang lain ttg pelajaran…..

Itu tuh, contoh isi dari komunitas……

Dari itu, dapat disimpulkan, bahwa dalam sebuah komunitas, setiap anggota dapat menerima manfaat dari gabungnya dia ke dalam komunitas itu…

Inilah akhir dari tulisan gw yang berakhir secara ga jelas. hehehe…