Jadi bulan ini sebenernya adalah bulan-bulan UAS… tapi gw baru ada UAS di minggu kedua dan ketiga dan itu semua ditumpuk di senen-rabu. Tiba-tiba gw iseng pengen masang materi UAS gw aja minggu ini. Yang semuanya belom gw sentuh sampe detik ini HEHEHEHE. Sekalian identifikasi gw harus belajar apa aja minggu ini hehehe

Senen: KI3211 Rancangan Penelitian. Ga pake UAS sih, cuman disuruh ngumpulin proposal TA. tapi tetep belom kelar🙂

Selasa: KI3261 Metabolisme dan Informasi Genetika. Materinya seputar translasi gen sih, seputar bagaimana gen diekspresikan melalui operon-operon yang ada dengan adanya daerah promotor operator dan juga adanya aktivator dan repressor… Juga bagaimana RNA Polimerase mengkode mRNA buat ditranslasi jadi protein oleh ribosom.

Rabu: KI3212 Elusidasi Struktur. Materi: Dasar-dasar Difraksi Sinar X (XRD) untuk penentuan struktur protein dan kristal. Berhubung kemaren waktu penjelasannya cuman 2 minggu, 1 minggu per dosen… Jadi materinya emang ngga terlalu banyak sih. Yang jelas seputar hukum Bragg, mudah-mudahan ga keluar konversi dari data XRD jadi bidang Bravais maupun index Miller dan harus identifikasi jenis kristalnya… Juga mencakup materi seputar kristalisasi protein dan bagaimana protein bisa ditentukan strukturnya dengan metode kristalografi.

yep, materinya segitu. belom disentuh sama sekali. men~